Posted on

Day 12: NO Plastic Foodware

Stop Penggunaan Sendok-Garpu Plastik (TIDAK #2)

Sering order go-food, grab-food atau jenis delivery lainnya? Biasanya mereka menyediakan sendok/garpu plastik di setiap bungkusannya. Dipakai atau tidak dipakai itu sudah menjadi sampah bagi dunia.

Oleh karena itu, mari kita mulai dengan:

  • meminta untuk tidak menyertakan sendok/garpu plastik dalam setiap pesanan
  • membawa sendok/garpu masing-masing yang lebih bagus dan tahan lama
  • menyimpan sendok/garpu plastik yang tidak dipakai, bukan membuangnya
  • mencuci sendok/garpu plastik yang terpakai, bukan membuangnya

Hal sederhana ini, dapat mengurangi sampah plastik secara signifikan.

No Plastic Foodware (NO #2)

How often do you order go-food, grab-food or other food delivery services? Usually they provide plastic foodware in each package. Used or not used those has become a waste for the world.

Therefore, let’s start with:

  • request not to include plastic foodware in each order
  • bring your own foodware for better and comfortable experience
  • store a plastic foodware that is not used, not throw it away
  • wash the used plastic foodware, not throw it away

This simple thing can significantly reduce plastic waste.

More information:
Smart Foodie, Food Karma: https://pureheart.ledgernow.com/smart-foodie-food-karma/
Sustainable Giving: https://pureheart.ledgernow.com/sustainable-giving/

Posted on

Day 11: NO Straw

Stop Penggunaan Sedotan (TIDAK #1)

Setiap tahun, sekitar sepertiga biota laut termasuk terumbu karang, dan bahkan burung laut, mati karena sampah plastik. Sampah itu termasuk sedotan plastik sekali pakai yang dibuang di lautan.

Ini tentu sangat mengkhawatirkan karena terumbu karang berperan besar melindungi pantai dari erosi, banjir pantai. Selain itu juga mengakibatkan kerusakan lain selain yang diakibatkan oleh fenomena air laut. Terumbu karang juga merupakan tempat mencari makanan, tempat asuhan dan tumbuh besar bagi berbagai biota laut.

Ditambahkan, sekitar 70 persen sampah plastik di Indonesia dapat dan telah didaur ulang oleh para pelaku daur ulang. Tetapi tidak berlaku untuk sedotan karena nilainya rendah dan sulit didaur ulang. Maka tidak ada pelaku daur ulang yang bersedia mengambil sedotan.

Tidak perlu basa basi, stop menggunakan sedotan sekarang!

No Straw (NO #1)

Every year, about one third of marine biota including coral reefs, and even seabirds, die from plastic waste. The garbage includes disposable plastic straws which are disposed of in the ocean.

This is certainly very worrying because coral reefs play a major role in protecting the coast from erosion, coastal flooding. Besides that it also causes other damage besides those caused by the phenomenon of sea water. Coral reefs are also a place to look for food, nurturing and growing for various marine biota.

In addition, about 70 percent of plastic waste in Indonesia can and has been recycled by recycling agents. But it does not apply to straws because they are low in value and difficult to recycle. Then no recycling agent is willing to take a straw.

Stop using straws now!

More information:
Smart Foodie, Food Karma: https://pureheart.ledgernow.com/smart-foodie-food-karma/
Sustainable Giving: https://pureheart.ledgernow.com/sustainable-giving/

Sumber:
https://bisnis.tempo.co/read/1142734/ini-alasan-ada-gerakan-bersama-untuk-tinggalkan-sedotan-plastik

Posted on

Day 10: Provide the Leftover Tray

Provide the Leftover Tray

Sediakan Tempat Untuk Sisa Makanan Layak Makan

Cerita nasi kotak belum selesai. Tidak ada satu jamuan makan yang menjamin makanan yang disajikan dalam nasi kotak akan dihabiskan tamunya. Ada makanan-makanan tertentu yang tidak disukai dan umumnyan akan ditinggalkan begitu saja. Padahal makanan tersebut masih layak makan dan dapat diberikan kepada orang lain yang membutuhkan.

Penjamu seharusnya menyediakan kotak makanan untuk menampung makanan yang tidak dimakan namun layak makan untuk dipisahkan terlebih dahulu oleh tamu tersebut. Hal ini selain menjamin kebersihan dan higienis dari makanan tersebut, makanan tersebut dapat disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Jika di tantangan sebelumnya penjamu diajak untuk menyediakan tiga tong sampah, maka ditantangan kali ini adalah menyediakan kotak sisa makanan. Tamu diajak untuk melihat dulu makanan yang disajikan, dan jika ada yang tidak berkenan bisa dipisahkan dalam kotak tersebut, bukan di buang bersama-sama dengan sampah lainnya. Membuang makanan layak makan bukan budaya Indonesia.

Provide the Leftover Tray

The Lunch box story has not finished yet. There is no one meal service that guarantees that the food served in the lunch box will be all eaten by the guests. There are certain foods that are not liked and generally will be wasted. We are aware, that these foods are still worth eating and can be given to other people in need.

The host should provide the leftover trays to accommodate food that is not eaten but is worth eating to be separated by the guest first. In addition to ensuring the cleanliness and hygiene of these foods, these foods can be distributed to those in need.

If in the previous challenge the host was challenged to provide three trash cans, then the challenge this time is to provide leftover food trays. Guests are invited to preview the food served, and if there are any that are not liked, they can be separated in the box, not tossed together with other wastage. Throwing out food that is worth eating is not Indonesian culture.

More information:
Smart Foodie, Food Karma: https://pureheart.ledgernow.com/smart-foodie-food-karma/
Sustainable Giving: https://pureheart.ledgernow.com/sustainable-giving/

Posted on

Day 09: Disassemble the Lunch Box

Disassemble the Lunch Box

Balada Nasi Kotak

Jamuan nasi kotak selalu disajikan dalam keadaan rapi tersusun bertumpuk-tumpuk. Nasi kotak diterima dalam keadaan bagus. Makanan tersaji dengan susunan yang menggoda. Kita bisa memilih mau makan bagian mana dulu hingga akhirnya ludes dan perut kenyang dengan senyuman mengembang.

Namun apa yang terjadi setelahnya? Ternyata kita membuangnya dalam keadaan sama seperti kita menerimanya. Bedanya isinya sudah kosong dan lebih ringan. Sayangnya tidak ada tempat untuk menampung kotak makanan tersebut, dan akibatnya selalu penuh, tercampur kertas karton kotaknya, sendok plastik, penampan plastiknya, tisu, termasuk sisa makanan.

Tantangan kali ini sedikit ekstrim, karena jarang sekali dilakukan oleh khayalak umum. Yaitu, membongkar kotak makanan. Penjamu seharusnya menyediakan 3 tong sampah, yaitu, tong sampah kertas, tong sampah plastik dan tong sampah sisa makanan. Seharusnya kita dapat menggunakan sedikit dari energi yang dihasilkan dari makanan yang sudah dimakan untuk membongkar kotak makanan dan membuang ditempat yang sudah disediakan. Kelemahan proses ini adalah waktu buang sampah akan menjadi lama.

Sebagai generasi kreatif yang selalu berpikir kritis, coba bantu PureHeart bagaimana cara membuang sampah kotak makanan yang cepat dan praktis.

A story of Lunch Box

The Lunch boxes are always served in neatly arranged piles. We receieve the lunch boxes in good condition. Food is served in a tempting arrangement. We can choose to eat which food first until we finally finish and the stomach is full with a beautiful smile.

But what happens after that? It turns out we throw it in the same state as we received it. The difference is the contents are empty and lighter. Unfortunately, there is no place to hold the food box, and as a result the bin is always full, mixed with box carton, plastic spoon, plastic tray, tissue, including leftovers.

The challenge this time is a bit extreme, because it is rarely done by us. It is disassemble the food box. The host should provide 3 trash cans, which are paper trash cans, plastic trash cans and leftover food trash cans. We should be able to use a little of the energy produced from food that has been eaten to disassemble the food box and dispose of it in the space provided. The issue of this process is that the time to dispose of garbage will be long.

As a creative generation that always thinks critically, please help PureHeart how to throw of lunch boxes that are fast and practical.

More information:
Smart Foodie, Food Karma: https://pureheart.ledgernow.com/smart-foodie-food-karma/
Sustainable Giving: https://pureheart.ledgernow.com/sustainable-giving/

Posted on

Day 08: No Tips

No Tips

Memberikan tips memang bukan hal baru. Ini hanyalah berdasarkan keikhlasan masing-masing. PureHeart mengkampanyekan untuk tidak memberikan tips setelah makan karena 2 alasan utama.

Pemilik Restoran dan kafe wajib memberikan gaji yang layak kepada karyawannya sehingga mereka dapat bekerja dengan semangat dan sesuai standar yang dibakukan. Hal ini menjaga kualitas dari produk dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang telah dijanjikan bukan karena ada iming-iming tertentu.

Sebaiknya, keinginan untuk memberikan tips disalurkan kepada masyarakat yang tidak mampu. Dengan perkembangan teknologi dewasa ini, kita dapat melakukan perhitungan “tips” secara otomatis sesuai dengan konsumsi pangan kita, dan dapat langsung disalurkan kepada lembaga-lembaga yang fokus pada pelayanan kepada masyarakat yang tidak mampu. Inilah yang disebut sebagai “Sustainable Giving”, donasi yang berkelanjutan.

Kita dapat menjaga standar mutu pelayanan sekaligus dapat berdonasi kepada sanak-saudara yang lebih membutuhkan. Itulah. yang disebut “Generasi PureHeart”.

No Tips

Giving tips is common. This is only based on each sincerity. PureHeart campaigns not to give tips after eating for two main reasons.

Restaurant and cafe owners are required to provide decent salaries to their employees so that they can work with enthusiasm and according to standardized standards. This maintains the quality of the products and services produced in accordance with what has been promised not because there is a certain lure. This is the definition of “Sustainable Giving”.

It is better if you want to give tips to those who cannot afford it. With today’s technological developments, we can calculate “tips” automatically in accordance with our food consumption, and can be channeled directly to institutions that focus on service to the poor.

We can maintain service quality standards while also being able to donate to relatives who are more in need. That is “PureHeart Generation””.

More information:
Smart Foodie, Food Karma: https://pureheart.ledgernow.com/smart-foodie-food-karma/
Sustainable Giving: https://pureheart.ledgernow.com/sustainable-giving/

Posted on

Day 07: Stack the Plates

Tumpuk Piring Kotor

Indonesia kaya sekali dengan beragam jenis makanan dan kemeriahan itu ditunjukkan dengan penyajian makanan dan minuman yang berlimpah. Setiap jamuan makan, banyak sekali piring-piring, sendok-garpu yang digunakan dan itu menunjukkan keragaman dari masakan Indonesia.

Tantangan kali ini adalah, menumpuk piring kotor sesuai ukurannya jika telah selesai digunakan, memisahkan sampah sisa makanan di satu tempat dan membuang sampah non-makanan ke tong sampah yang disediakan. Hal ini juga adalah sebagai wujud rasa terima kasih kepada pelayan restoran dan memudahkan mereka dalam mengambil piring-piring dan sendok-garpu setelah digunakan.

Mari kita mencoba dari hal-hal yang kecil dulu, sehingga menjadi identitas Bangsa Indonesia yang bermartabat.

Stack The Plates

Indonesia has very rich various types of food and that excitement is indicated by the presentation of fantastic food and drinks. Every meal, lots of dishes, spoons are used and it shows the diversity of Indonesian cuisine.

The challenge this time is to stack dirty dishes according to their size if they have been used, separating leftover food waste in one place and disposing of non-food waste into the garbage can provided. This is also a form of gratitude to the restaurant waiter and makes it easier for them to take the plates and spoons after using them.

Let’s try from small things first, so that it becomes a dignified identity of the Indonesian Nation.

Posted on

Day 06: Tidy Up Your Seat

Rapikan Kursi Setelah Makan

Generasi Millenial adalah generasi yang serba praktis dan serba cepat dan tentunya mengharapkan pelayanan yang serba cepat pula. Namun dalam hal kerapian dan kebersihan, generasi millenial di Indonesia masih sangat tertinggal. Kita tidak sadar bahwa meja dan kursi yagn kita gunakan akan digunakan oleh orang lain nantinya. Sehingga harus selalu ada tim khusus untuk merapikan kursi dan meja setelah digunakan.

Tantangan kali ini cukup mudah, yaitu rapikan kursi setelah selesai digunakan. Bersihkan meja dari sampah-sampah non-organik sehingga memudahkan pelayan restoran dalam membersihakannya. Selain menghemat waktu namun juga sebagai rasa tanggung jawab dan terima kasih kepada mereka. Apresiasi tidak harus dengan materi, melainkan bisa dengan perbuatan.

Tidy Up Your Seat

Millennials are a generation that is all practical and fast-paced and certainly expects fast service. But in terms of neatness and cleanliness, the millennial generation in Indonesia is still lagging behind. We are not aware that the tables and chairs that we use will be used by others later. So there must always be a special team to tidy up the chairs and tables after use.

The challenge this time is quite easy, which is to trim the seats after they are used. Clean the table from non-organic rubbish so that it makes it easy for the waiter to clean it. Besides saving time but also as a sense of responsibility and thanks to them. Appreciation does not have to be with material, but can be done by actions.

Posted on

Day 05: Three Bins

3 Tong Sampah

Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Tujuannya adalah menjalankkan program 3R (reduce, reuse, recycle) dalam pengelolaan sampah menggantikan paradigma lama kumpul-angkut-buang sekaligus menjadi landasan hukum yang kuat bagi pelibatan dunia usaha untuk turut bertanggungjawab dalam pengelolaan sampah sesuai dengan perannya.

Tantangan kali ini adalah selalu menyediakan 3 jenis tong sampah di manapun terutama bagi pelaku dunia usaha dan rumah tangga. Tiga jenis tong sampah tersebut adalah sampah kertas, sampah plastik dan sampah organik. Jika semua restoran sudah menyediakan tiga jenis tong sampah seperti itu dan kita sebagai pelanggan restoran selalu membuang sampah kertas dan sampah plastik di tempat yang sudah disediakan, maka kita akan mejadi lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan. Konsep 3R yang dicanangkan pemerintah akan berjalan dengan sukses.

PureHeart saat ini sedang bekerjasama dengan beberapa restoran dan kafe-kafe di Indonesia dalam mengkampanyekan program ini. Didukung dengan teknologi blockchain dari LedgerNow, maka sampah-sampah yang dibuang akan didata dengan baik terdistribusi sesuai dengan yang diharapkan. Mari saling mendukung untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik.

3 Bins

The Government has issued Government Regulation Number 81 of 2012 concerning Management of Household Waste and Household Waste. The aim is to run the 3R program (reduce, reuse, recycle) in waste management replacing the old paradigm of gathering and waste as well as being a strong legal foundation for the involvement of the business world to take responsibility for waste management in accordance with its role.

The challenge this time is to always provide 3 types of trash cans everywhere, especially for business people and households. The three types of garbage cans are paper waste, plastic waste and organic waste. If all restaurants have provided three types of garbage cans like that and we as restaurant customers always throw paper waste and plastic waste in the places provided, then we will be more environmentally responsible. The 3R concept launched by the government will run successfully.

PureHeart is currently collaborating with several restaurants and cafes in Indonesia in campaigning for this program. Supported by blockchain technology from LedgerNow, the waste disposed of will be properly recorded and distributed as expected. Let’s support each other to create a better environment.

Posted on

Day 04: Separate the Non-Food

Buanglah Sampah Non-Organik di Tong Sampah Khusus

Indonesia adalah negeri yang kaya raya, terutama keramahan dan kelengkapan aksesoris di restoran-restoran. Sebagian besar restoran di Indonesia menyediakan tisu dan tusuk gigi yang bisa kita gunakan seperlunya. Namun ada yang belum biasa kita lakukan, yaitu membuang sampah bekas pakai tersebut di tong sampah. Umumnya kita meninggalkan sampah tersebut di meja bercampur dengan sisa makanan lainnya.

Tantangan kali ini adalah, membuang sampah non-makanan langsung ke tong sampah, bukan meninggalkannya di meja. Selain lebih higienis, juga memudahkan pelayan restoran dalam mengambil sampah sisa makanan yang bisa dipergunakan untuk kegiatan lainnya.

PureHeart sedang mengembangkan solusi yang cerdas dalam mengelola sampah sisa makanan tersebut untuk menjadi pakan ternak ataupun pupuk kompos. Mari membangun bangsa yang bermartabat dan berkarakter dengan mengelola sampah dengan bijak.

Separate The Non-Food

Indonesia is a rich country, especially hospitality and accessories in restaurants. Most restaurants in Indonesia provide tissue and toothpicks that we can use as needed. But there is something we have not yet done, which is to dispose of used garbage in the trash can. Generally we leave the garbage at the table mixed with other leftovers.

The challenge this time is to throw non-food waste directly into the trash bin instead of leaving it at the table. In addition to being more hygienic, it also makes it easy for the waiter to take leftover food waste that can be used for other activities.

PureHeart is developing smart solutions in managing food waste to become animal feed or compost. Let’s build a nation that has dignity and character by managing waste wisely.

Posted on

Day 03: Take Away if Excessively

Bungkus Sisa Makanan Jika Tidak Habis

Masyarakat di Jerman, tidak malu untuk memesan makanan seadanya dan tidak mau membuang-buang makanan. Misalnya, orang akan membungkus dan membawa pulang makanan yang tidak habis dimakan di restoran.

Namun orang Prancis tak terbiasa dengan hal ini. Prancis dikenal sebagai pusat kuliner dunia, namun berton-ton makanan dibuang setiap tahunnya. Walaupun demikian Orang-orang Prancis sudah diajarkan sejak kecil untuk menghabiskan makanan di piring.

Kebiasaan ini tampaknya juga dipengaruhi ukuran porsi hidangan di Prancis. Biasanya sajian di sana berporsi relatif kecil sampai sedang, berbeda dengan porsi makanan di Amerika Utara. Jadi, makanan bisa dihabiskan tanpa tersisa.

Tampaknya, mau tidak mau, nantinya orang-orang Prancis terpaksa membiasakan membungkus makanan yang tak habis. Pasalnya, mulai tahun 2016, restoran yang menyajikan lebih dari 180 hidangan per hari harus mengurangi sampahnya atau harus membayar denda. Aturan ini dibuat untuk memenuhi target mengurangi limbah hingga setengahnya pada 2025.

Ketika menjamu tamu di restoran, jangan biarkan ada makanan yang tersisa apalagi dalam jumlah besar. Jangan malu untuk meminta agar makanan tersebut dibungkus untuk dibawa pulang. Kebanyakan makanan di negara Indonesia adalah makanan yang bisa disimpan dalam waktu yang lama. Rendang, masakan khas Indonesia dapat bertahan bahkan hingga satu minggu dalam suhu ruangan dan hingga 3 bulan dalam lemari es beku.

Mari kurangi sampah makanan dengan menghabiskannya, meminta dalam porsi yang lebih kecil atau membungkusnya jika tidak habis. Masih banyak Warga Negara Indonesia yang berkekurangan bahkan tidak sempat lagi berpikir untuk makan apa esok hari. Makanlah secukupnya, dan bungkus jika tidak habis.

Take Away if Excessively

People in Germany are not ashamed to order simple food and do not want to waste food. For example, people will wrap and bring home food that has not been eaten in a restaurant.

But the French are not familiar with this. France is known as the world’s culinary center, but tons of food is thrown away every year. Nevertheless the French people have been taught since childhood to spend food on a plate.

This habit also seems to be influenced by the portion size of dishes in France. Usually the dish there has a relatively small to moderate portion, different from the portion of food in North America. So, food can be spent without remaining.

Apparently, inevitably, later the French people were forced to get used to wrapping up endless food. Because, starting in 2016, restaurants that serve more than 180 dishes per day must reduce their waste or have to pay a fine. This rule was made to meet the target of reducing waste by half by 2025.

When entertaining guests in a restaurant, don’t let there be food left over especially in large quantities. Don’t be shy to ask that the food be wrapped to take home. Most foods in Indonesia are foods that can be stored for a long time. Rendang, Indonesian specialties can last even up to one week at room temperature and up to 3 months in a frozen refrigerator.

Let’s reduce food waste by spending it, asking for smaller portions or wrapping it if it’s not used up. There are still many Indonesian citizens who are in need of not even having the time to think about what to eat tomorrow. Eat adequate, and take away not finished.

More information:
Smart Foodie, Food Karma: https://pureheart.ledgernow.com/smart-foodie-food-karma/

Sumber:
https://www.jawapos.com/internasional/dw/07/10/2018/warga-jerman-tak-malu-bungkus-sisa-makanan-di-restoran-saat-tak-habis/
https://food.detik.com/info-kuliner/d-3542443/rendang-bersisa-ini-tips-menyimpan-dan-menghangatkannya
https://food.detik.com/info-kuliner/d-2515618/membungkus-makanan-bersisa-bukan-tradisi-orang-prancis